BAB 3 KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN SISTEM

Bab III

Kebijakan dan Perencanaan Sistem


Prose Perencanaan sistem dibagi dalam 3 proses utama yaitu :
1.       Merencanakan proyek-proyek sistem
a.       Mengkaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan
Perencanaan sistem harus sejalan dengan tujuan perusahaan. Ini berarti perencanaan sistem harus diarahkan untuk dapat merencanakan sistem informasi yang dapat mendukung kegiatan organisasi secara keseluruhan sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.
b.      Mengidentifikasi proyek-proyek sistem
Menentukan proyek-proyek sistem informasi yang dibutuhkan dalam suatu organisasi.
Contoh : Dalam perusahaan bisnis proyek-proyek sistem informasi dapat berupa sistem informasi untuk :
-          Pengendalian penjualan dan pemasaran
-          Pengendalian distribusi
-          Pengendalian produksi
-          Pengendalian keuangan
-          Pengendalian persediaan
c.       Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
Sasaran ini merupakan apa yang ingin dicapai oleh masing-masing proyek sistem.
Contoh : Sistem informasi penjualan, memiliki sasaran :
-          Memberikan pelayanan order kepada pelanggan dengan lebih baik
-          Meningkatkan volume penjualan
-          Menyediakan laporan penjualan yang tepat waktu kepada manajer marketing.
d.      Menetapkan kendala proyek-proyek sistem
Ada 3 faktor kendala :
-          Masalah dana
-          Masalah waktu
-          Mengenai batas peraturan yang berlaku pada perusahaan tersebut
e.      Menentukan prioritas proyek-proyek sistem
Yaitu menentukan proyek-proyek sistem mana yang perlu dikembangkan terlebih dahulu, tentunya proyek-proyek sistem yang sangat diperlukan dan mendesak harus diprioritaskan.
f.        Membuat laporan perencanaan sistem
Isi dari laporan perencanaan sistem tersebut adalah :
-          Latar belakang organisasi
-          Proyek sistem informasi yang direncanakan
-          Sasaran pengembangan sistem informasi
-          Kendala di dalam pengembangan sistem informasi
-          Menentukan prioritas-prioritas proyek sistem informasi
g.       Meminta persetujuan manajemen

2.       Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan meliputi :
a.       Menunjuk tim analis
b.      Mengumumkan proyek pengembangan sistem
3.       Mendefinisikan proyek-proyek dikembangkan, meliputi :
a.       Melakukan studi kelayakan
Studi Kelayakan               : Suatu studi yang akan digunakan untuk menentukan apakah pengembangan proyek sistem layak untuk diteruskan atau tidak.
b.      Menilai kelayakan proyek sistem
                                                              i.      Kelayakan Teknik            :
1.       Ketersediaan teknologi yang digunakan
2.       Ketersediaan staff ahli di dalam mengoperasikan teknologi yang digunakan
                                                            ii.      Kelayakan operasi           :
1.       Kemampuan personil dalam mengoperasikan sistem informasi yang dibuat
2.       Kemampuan dari sistem informasi untuk menghasilkan informasi
                                                          iii.      Kelayakan jadwal            :
1.       Apakah sistem informasi yang dikembangkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
                                                           iv.      Kelayakan ekonomi        :
1.       Besarnya dana yang diperlukan untuk pengembangan sistem
2.       Manfaat yang diperoleh oleh sistem informasi dibandingkan dengan biaya perkembangannya
                                                             v.      Kelayakan hukum            :
1.       Apakah sistem yang akan dikembangkan tidak menyimpang dari hukum yang berlaku
c.       Membuat ususlan proyek sistem
d.      Meminta persetujuan manajemen

0 komentar:



Posting Komentar